Mengerjakan sebuah mimpi sederhana

Image

Saya punya banyak mimpi. Dan karena cepat bosan, hampir seluruhnya tidak ada yang terwujud. Ya bagaimana mau terwujud? usaha belum maksimal, sudah nyambi usaha lainnya. Sampai pada akhirnya tidak satupun yang beres.

Ambil contoh, saya kepingin sekali menjadi seorang penulis. Any ‘writer’ i could be. Lalu saya coba membuat buku, novel tepatnya. Saya membuat-membuat, dan bereslah hingga 1 BAB. Dalam hati saya; “Oke, it’s look like gonna be easy to make a book.” lalu saya tertawa keras-keras di depan monitor, sambil membayangkan royalti yang akan segera mengalir deras menampar wajah saya. Kemudian, 1 bulan berlalu. Tanpa progres dari draft yang rencana-nya akan saya jadikan buku. Ide itu kemudian hilang begitu saja. 

Kemudian ide baru datang lagi. Tak ingin menyiakan waktu, saya begadang  menulis draft baru. Saking semangatnya, saya sampai lupa makan. Sementara draft yang lama terbengkalai begitu saja. Mungkin berdebu sudah. And then what? draft yang baru itu pun, berhenti hingga BAB 2.

Hingga tulisan ini saya muat pun, hampir sekitar 13 – 14 ide yang saya tuangkan dalam tulisan. Tidak satupun yang berbentuk utuh sebagai sebuah cerita. Progress paling jauh, hanya sampai di BAB 8. Itu pun ngaco, sama sekali tidak membuat saya puas. Mungkin saya lebih pintar menjadi seorang penulis cerpen dibanding menjadi penulis novel😦

***

Seringkali, kita terinsipirasi kisah hidup seseorang yang sudah sukses. Kemudian muncul ide dalam otak untuk ‘meniru’ kesuksesan orang tersebut. Paling tidak untuk menyamai-nya. Itulah yang terjadi pada saya ketika browsing internet dan menemukan blog-nya Alitt Susanto, @shitlicious. Muncul hasrat saya untuk mengikuti jejak suksesnya, setidaknya hingga saya berhasil dikenal orang banyak.

Well, banyak orang yang bilang penggerak awal dari kesuksesan blog adalah Raditya Dika. Dan memang, setahu saya sih, Raditya Dika-lah orang pertama yang bisa membuat banyak orang terinspirasi untuk membuat blog. Dia juga yang mempelopori munculnya novel remaja bersifat non-fiksi komedi. Namun saya tetap menganggap kesuksesan Alitt yang ingin saya tiru. Terinspirasi Raditya Dika itu mainstream, hehe. Sekaligus mengutip kata-kata Katsumata di 21st Century Boys; “Seorang peniru dari seorang peniru akan menguasai dunia”

Akhirnya saya pun mulai membuat Blog. Dimulai dengan memuat tulisan-tulisan tidak berguna, menceritakan kisah sehari-hari saya, hingga membuat cerita tentang perjalanan, semua saya masukkan. Bahkan dengan narsis, saya memajang photo-photo saya sendiri–walaupun saya tidak yakin ada yang mau melihatnya.😦

Malang tak dapat ditolak, untung tak dapat diraih. Usaha yang minim itu pun tidak membuahkan hasil. Baru beberapa tulisan dibuat, saya sudah jenuh. Alasannya sederhana, tidak ada yang memberi comment, tidak ada yang menyemangati saya. Akhirnya dengan hati ikhlas, Blog seumur jagung itu saya delete.

Kemudian saya membuat lagi blog baru. Baru beberapa hari dibuat, belum sempat saya isi, sudah saya hapus. Alasannya sederhana, saya lebih suka tampilan luar daripada isi di dalamnya. Maksudnya, saya kesal dengan theme blog yang saya punya. Walaupun tidak berisi, saya ingin punya blog yang tampilannya menarik. Akhirnya Blog yang baru lahir itu pun, saya delete.

Hello, my 9th Blog!🙂 *GELEUH!!*

***

Kemudian setelah impian yang tanggung tersebut gagal, saya punya mimpi yang lain. Kali ini impiannya lebih sederhana, saya ingin mencari sumber penghasilan selagi kuliah dengan menjual pakaian-pakaian bekas. Biarlah sederhana, yang penting uang tidak lagi minta dari orang tua.

Mudah-mudahan project saya sekarang sukses. Tidak berhenti di tengah jalan.

“Rencana sederhana yang dikerjakan, jauh lebih baik dibandingkan rencana hebat yang tidak dilaksanakan.” 

 

Leave a Reply

