Berbenah Menuju Tempat Seharusnya

Menurut pengertian ekonomi, Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. – Wikipedia.

Lantas, apa hubungannya dengan Promosi ?

Promosi merupakan suatu usaha dalam penyampaian informasi mengenai produk atau jasa oleh produsen dalam rangka menarik konsumen dalam melakukan transaksi pembelian. Promosi menjadi salah satu alat komunikasi antara penjual dan pembeli yang sangat diperlukan dalam suatu kegiatan usaha/bisnis untuk memengaruhi konsumen dan mengingatkan konsumen agar barang/jasa yang dijual tidak terlupakan dari benak para konsumen.

Itu artinya, bisnis erat kaitannya dengan Promosi. Tujuannya agar informasi tentang produk yang kita punya dapat tersebar ke khalayak ramai dan dapat menarik minat lebih banyak pembeli.

Curahan Hati para Pecinta Lingkungan

Ketika mendengar kata Bisnis dan Promosi, apa yang akan melintas di benak anda? Iklan yang dipajang di tengah kota dengan biaya mahal? Atau sejumlah poster yang ditempel dengan serampangan dan mengotori keindahan taman kota? Atau bahkan poster yang ditempel tanpa izin di depan pagar rumah? ( Maafkan saya apabila tulisan saya barusan berkonotasi negatif dan menyinggung hati sejumlah kalangan. )

Tapi sejujurnya, pernahkah anda dibuat kesal dengan media iklan yang mengotori ruang publik sehingga kota yang kita cintai tidak dapat lagi dinikmati keindahannya? 

Saya harus bilang, media seperti ini kurang efektif dan tidak lagi dilirik orang. Kesibukan dan rutinitas kerja yang kian hari semakin bertumpuk membuat orang lebih memilih pulang tepat waktu dan tidak sempat meluangkan waktu untuk melihat iklan-iklan tersebut. Selain itu, orang lebih banyak menghabiskan sebagian besar waktunya dalam sehari di sekolah, kampus, hingga ruang kantornya yang notabene tidak memungkinkan untuk memasang iklan di sana. Lalu apa yang sebaiknya dilakukan?

Saat ini, Era Teknologi sudah semakin maju. Internet tersedia dimana-mana dan bisa di akses kapanpun dan dimanapun, bahkan hingga pelosok-pelosok desa. Seluruh kalangan sekarang memiliki keterbukaan dalam menikmati media yang mereka inginkan. Smartphone bukan lagi barang mewah yang hanya dinikmati oleh sejumlah orang, melainkan seluruh kalangan. Lantas, kenapa tidak beralih pada era digital?

Mengenal Bi-Pro Magazine, Majalah Bisnis dan Promosi Online

ScreenHunter_09 May. 06 12.41

 

News Portal sekaligus Media Iklan? Sejauh ini terdapat sejumlah situs yang memakai format News Portal Magazine di Indonesia. Dan dari sekian banyak, hanya beberapa yang memegang peranan penting di ranah dunia maya. Bahkan tidak jarang memonopoli persaingan dengan back up orang atau organisasi penting di belakangnya. Tapi tahukah anda, baru-baru ini ada sebuah Portal News Magazine yang masih fresh dan punya kaitan erat dengan dunia bisnis dan promosi? Yaitu Bi-Pro Magazine.

Nama Bi-pro diambil dari penggalan dua kata Bisnis dan Promosi sebagai identitas dan bukti nyata mereka pada bidang yang mereka tekuni. Sedangkan Magazine mengandung makna bahwa liputan dan bisnis di media ini berbeda dibandingkan dengan yang lainnya.

Apa yang membedakan?

Pertama, Bi-Pro Magazine memiliki idealisme terkait penyampaian berita. Apa yang disampaikan pada pembaca adalah fakta, bukan sebuah rekayasa dengan tujuan meningkatkan popularitas semata. Fantasi dan bumbu berlebih kerap menjadi bahan yang diusung oleh si penulis untuk menarik minta pembaca. Tidak demikian dengan Bi-Pro Magazine, karena apa yang disampaikan telah lebih dulu disaring secara ketat agar sampai ke penikmatnya secara eksklusif dan berkualitas. Semoga ke depannya tetap seperti ini.

Kedua, Bi-Pro Magazine punya konsep dan target pembaca yang jelas. Sebagai portal berita bisnis dan promosi, Bi-Pro Magazine lebih terfokus pada target pembaca dewasa, khususnya para pelaku bisnis. Kini para wirausaha, pengusaha, hingga orang-orang yang berniat membaca peluang pasar, bisa membuka bipro-magazine.com sebagai media untuk mendapat informasi penting seputar dunia bisnis.

Ketiga, Meskipun terfokus pada bisnis dan promosi, Bi-Pro Magazine tidak lantas mengurangi porsi berita lainnya. Menyadari bahwa seluruh pengguna online menjadi target pembaca mereka, maka Bi-Pro Magazine juga menghadirkan sejumlah berita diluar bisnis. Arsipnya tertata di bagan menu Promosi, Pariwisata, hingga Info dan Update yang memuat sub menu terpilih lainnya.

Keempat, Bi-Pro Magazine sebagai media yang baik dalam mempromosikan usaha, baik produk maupun jasa. Saat ini Bi-Pro Magazine sedang mengembangkan sayapnya untuk mencapai kemajuan yang lebih baik. Dengan di dukung sejumlah media cetak dan elektronik yang telah menjalin kerjasama, Bi-Pro Magazine memberikan keyakinan bagi kita yang ingin memuat promosi kita secara taktis dan praktis.

Bi-Pro Magazine in Action

Bi-Pro Magazine di luncurkan pada tanggal 11 Desember 2013 lalu. Belum genap setengah tahun berdiri, Bi-Pro Magazine telah membuat sejumlah gerakan yang ampuh dalam mendongkrak pamor dan reputasi mereka melalui cara yang positif dan bermanfaat.

Salah satu caranya adalah dengan membuat akun Fans Page FB dan Twitter untuk memudahkan pembacanya stay in touch dengan media yang mereka kelola. Bahkan sekarang pembaca makin dimanjakan dengan adanya BiProMagazine.com for android, yaitu app khusus pengguna android yang ingin stay in touch dengan media kesayangan.

ScreenHunter_04 May. 06 12.32

Laman Fans Page Bi-Pro Magazine

Menilik program kerja yang mereka profesional, maka tidak heran apabila sejumlah organisasi dan badan usaha penting, tanpa ragu, menjalin kerjasama dan ikut ambil bagian dalam memajukan situs ini. Sejumlah nama besar tersebut, meliputi : Asosiasi Kelompok UPPKS Provinsi Riau, Unit Gadai Bang Syariah Mandiri Panam Pekanbaru, Komunitas bisnis milik Ustadz Yusuf Mansyur (VSI Riau).

Menuju Situs Bisnis dan Promosi Nomor Satu

Meskipun telah menjalin kerjasama penting dengan berbagai pihak, Bi-Pro Magazine dan segenap management tetap berbenah dan tidak cepat puas untuk mencapai target mereka untuk menjadi situs bisnis dan promosi nomor satu. Untuk itu, saat ini Bi-Pro Magazine mencoba merangkul sahabat blogger di Indonesia untuk ikut ambil bagian dalam proses kebangkitan mereka. Melalui Kontes Karya Tulis Blogger se-Indonesia.

Sebuah kontes yang dibuat atas dasar harapan bangkitnya kreativitas anak-anak muda Indonesia dalam dunia penulisan artikel Blog. Tentu sekaligus menjadi alternatif pengenalan dunia Bisnis pada kalangan yang masih awam, sehingga minat akan bisnis terbangung seiring riset selama kontes berlangsung.

Menariknya, kontes berhadiah puluhan juta rupiah ini bisa diikuti oleh seluruh kalangan yang punya Blog pribadi, tidak terkecuali hosting gratis maupun domain pribadi. Kontes berakhir pada tanggal 10 Mei 2014 dan diumumkan sepuluh hari setelahnya. Jadi tanpa perlu berlama-lama, segera buat artikel anda!

Informasi lengkap seputar kontes bisa dilihat di SINI

Kritik dan Saran untuk Kemajuan Bi-Pro Magazine

Sejumlah data dan fakta seputar Bi-Pro Magazine sudah saya tuliskan, namun pada hakikatnya tetap, sebuah organisasi maupun corporate tidak bisa lepas dari kritik seiring perbaikan menuju kesempurnaan. Dan tidak adil rasanya jika saya hanya menuliskan informasi positif Bi-Pro dan menutup mata terhadap beberapa hal yang saya rasa masih bisa ditingkatkan untuk kedepannya.

Bi-Pro Magazine butuh perbaikan kualitas design, khususnya template. Situs yang bergerak secara profesional dan ingin merangsek maju sejajar dengan lainnya, membutuhkan tampilan yang menarik. Dan menurut saya, tampilan website Bi-Pro Magazine masih jauh dari syarat. Dibutuhkan perbaikan di sana-sini agar pembaca betah berlama-lama membuka situs ini. Semoga manajemen mau meluangkan sedikit waktunya untuk memperbaiki hal ini.

Selain itu juga, Bi-Pro Magazine butuh untuk meng-update berita dengan lebih cepat dan real time, dalam artian tidak ketinggalan dari situs lainnya, sehingga berita yang masuk tidak terkesan ‘basi’.

Satu hal lagi yang menurut saya perlu, adalah, menyangkut slogan Bisnis dan Promosi, maka ada baiknya apabila Bi-Pro membuat sebuah pojok khusus bagi para pelaku bisnis untuk saling share and sharing mengenai usaha mereka. Sehingga Bi-Pro tidak hanya menjadi tempat singgah, melainkan jadi tempat tinggal para pebisnis yang masih butuh belajar.

Hanya itu yang menurut saya perlu untuk dipertimbangkan. Selebihnya, tidak kurang dan lebih, porsi yang dihadirkan Bi-Pro Magazine pas dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Semoga untuk kedepannya Bi-Pro Magazine, melalui semangat dan kerja keras, berhasil mewujudkan impiannya untuk menjadi Situs Bisnis dan Promosi Nomor 1 

WIRATAMA, 07 Mei 2014

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s