Don’t Judge a book by it’s ….?

30d65f5

“Don’t judge a book by it’s cover”, kata orang bijak dunia barat. Tapi maaf saja, menurut saya kalimat itu lebih pantas jadi slogan dibanding diterapkan. Karena, jujur saja, siapa sih yang tidak melihat penampilan lebih dulu?

Sah saja kalau saya bilang, adalah munafik untuk seseorang berkata, “saya tidak peduli bagaimana penampilan kamu…” karena memang itulah yang kita lihat sehari-hari. Benar, kan? Penampilan adalah stereotipe, cetak biru dari standar nilai masyarakat yang berlaku, memicu alam bawah sadar kita untuk menilai seseorang.

Coba saya tanya, “apa yang akan terlintas di fikiran kamu, seandainya melihat seseorang wanita dengan rok mini selutut, rambut pirang, berkeliaran sendiri malam-malam di wilayah prostitusi?” Hayooo… Tidak perlu saya jawab ya, tiap orang punya definisi masing-masing. Nah, kalau menurut kamu sendiri gimana? Masihkah kamu bersikeras untuk tidak menilai dari penampilan?’

AW

Leave a Reply

