Pengalaman Tes CS Finance

Kemarin tanggal 1 agustus, saya mendapat sms dari cs finance untuk tes posisi MDP Managemen Development  Program ) yang mana kalau lolos saya akan langsung diangkat setara supervisor. 

Sms invitation dari CS finance

Jujur, saya sendiri lupa kapan saya mendaftar di cs finance. Tapi berhubung kesempatan jarang sekali datang 2 kali, saya putuskan ikut tes dengan persiapan seadanya.

Tanggal 3 Agustus, sekitar jam 8 saya pergi ke tkp. Lokasi nya di kcu BCA Antapani. Masuknya lewat jalan Sulawarman, belakang kantor CS Finance itu sendiri. Begitu sampai disana, ada sekitar 100 org di absen. Tapi yang datang hanya sekitar 40-50 org. Ekspektasi melambung! Hehe.
Tes sendiri dimulai jam 9 pas, tepat sesuai jadwal. Inilah salah satu kelebihan swasta dibanding negeri, di mata saya. Budaya disiplin mereka terhadap waktu patut di apresiasi. *applause* 

Kami, para peserta test di kumpulkan di ruangan lantai 2. Disana, hanya ada dua orang panitia yang hadir. Pak madya sama bu stefani kalau saya tidak salah ingat. Setelah perkenalan singkat, kami diberitahu soal job desk, rules, recruitment proses, hingga  policy apabila kami membatalkan kontrak. Baru sesudahnya kami diberi soal tes psikotest.

Since it’s my first time facing psikotest of finance company, saya kewalahan. Sumpah saya tak menduga kalau soal yang akan keluar banyak yang berkaitan dengan matematika dan logika. Saya salah duga, sebab terakhir psikotest bpjs, kebanyakan soal yang keluar berkaitan dengan psikologi. Jadi yang saya pelajari semalamnya malah tidak keluar. Hahha *pasrah*

Where are you, kreaplin / pauli, wartegg, esps???

Mereka absen. Sepertinya tes itu baru diadakan besok, di psikotest lanjutan. Akhirnya saya kerjakan apa yang ada dengan persiapan seadanya. Feeling sih, sudah campur aduk. 

Singkatnya, setelah test yang menghabiskan 2 jam, kami disuruh menunggu selama sejam sembari menunggu hasil tes diperiksa oleh panitia. Jika lolos, akan langsung masuk tahap interview HR pada hari itu juga. 

Selama satu jam, saya menunggu sambil sharing dengan peserta lain. Lumayan banyak ilmu yang saya dapat dari sana. 

Daaan… Waktu pengumuman tiba. Kertas bertuliskan nama peserta lolos ditempel di depan pintu ruangan. Nama saya? Tidak ada. Saya dan Cs finance belum berjodoh. Kecewa iya, sedih iya, menyesal banget. pokoknya campur aduk. Sembari menghibur diri sendiri, saya beranjak. 

Waktunya  move on. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s